Sabtu, 28 April 2018

Ingin Dapatkan Sponsorship Dalam Dua Minggu? Lakukan 4 Cara Ini


 Dalam mempersiapkan sebuah event, sponsorship adalah komponen yang terpenting dalam kelangsungan suksesnya sebuah acara. Selain itu, ada juga peserta, konten, juga tema kegiatan.

 Pada tulisan kali ini saya akan share kepada para pembaca cara mendapatkan sponsorship dalam waktu dua minggu berdasarkan pengalaman saya sendiri.

 Sebelum kita membahas ketema utama pastikan posisi anda pada saat ini dalam kondiai duduk dan berada di linglungan yang nyaman untuk mengingat informasi ini dengan baik.

ok, kita mulai.

Pertama sekali dalam membuat sebuah event  yang perlu dipersiapkan adalah proposal yang berisi latar belakang dan tujuan acara.

Adapun jenis proposal terbagi dua, umum dan khusus. Proposal umum yakni di peruntukkan kepada instansi pendidikan seperti kampus, BEM, HMJ dan ikatan mahasiswa semacamnya untuk memenuhi kuota peserta yang di targetkan hal ini termasuk sangat efektif apalagi bila di tambah setifikat partisipasi perseorangan dan organisasinya.

Sedangkan proposal khusus diperuntukkan kepada pihak yang akan menjadi sponsorship. Hal yang harus diutamakan adalah isinya ringkas padat dan jelas. Paparkan keuntungan bila menjadi sponsorship dalam event yang akan kita selenggarakan, hindari menaikkan logo pada stiap wadah promosi seperti spanduk poster flayer dan lain lain karena itu sudah kurang menarik.

Sebaiknya memberi kesempatan pada pihak sponsor untuk berbicara seperti memberi kata sambutan, jadi narasumber, atau sebagai native speaker jauh lebih menarik minat pihak sponsorship karena secara tidak langsung mereka akan mempromosikan perusahaannya.


Sebagai informasi Coorporate Social Responsibilty (CSR) atau dana sponsorship perusahaan biasanya mendukung kegiatan sosial, peringatan hari besar, nasional dan internasional.

Sebelum menyebarkan proposal umum dan khusus, yang harus kamu buat adalah list nama kemana proposal itu akan disebarkan dan harus selesai dalam sehari.


Yang kedua, menghubungi bagian Humas perusahaan. Kenapa harus menghubungi bagian Humas? karena tugas Humas dalam sebuah perusahaan adalah merespon hal yang bersangkutan antara masyarakat dan perusahaannya. Jadi, sudah bisa dipastikan Humas itu akan lebih cepat merespon.

Lalu bagaimana cara mendapatkan nomor telepon bagian Humas sebuah perusahaan?. Saran saya dalam setiap menghadiri event pastikan kita tidak pulang dengan tangan kosong, yang sayaaksud disini adalah catat nomor telepon pemateri atau panitia penyelenggara.

Oiya jangan lupa perkenalan diri dan posisi penting kamu di sebuah organisasi. Hal ini dapat menambah rasa percaya diri sekaligus penghargaan untuk kita dan lawan interaksi. Dengan demikian, kamu jadi lebih mudah mendapatkan nomor telepon mereka. Setelah itu jalinlah komunikasi paling lama satu jam agar dia tidak lupa dengan kita. Eits, berilah kesan yang baik selama berinteraksi yaa...

Ketiga, follow up atau tindaklanjuti proposal yang sudah kamu sebar. Sebaiknya follow up  dilakukan sehari dua kali dengan durasi respon paling lama tiga hari setelah proposal diantar. Cara ini menunjukkan keseriusan kamu pada perusahaan dalam menyiapkan event.

Keempat, menghadirkan media partner. Dukungan media partner sangat diperlukan dalam penyelengaraan event baik cetak, online dan audio visual. Sebab pihak Humas dari sponsorship memerlukan dokumentasi tersebit sebagai daily release perusahaannya.


Keuntungan menjalin kerjasama dengan seorang humas adalah kemudahan untuk menjalin relasi kerjasama lebih luas. Dengan demikian kita adalah Si Penyelenggara Acara Yang Direkomendasi.

Demikian cara mendapatkan sponsorship dalam waktu dua minggu. Intinya, semakin sering kamu aktif dalam organisasi maka peluang untuk personal branding diri kamu juga lebih bagus dan tingkat percaya diri kamu lebih maksimal.

Dan dari hal yang harus kita ketehaui suksesnya sebuah event adalah kerjasama yang baik dari seluruh pihak.


1 komentar: